Membuat Statistik Interaktif dengan Google Chart

edited November 2019 in Tutorial

http://app.smpn21purworejo.sch.id/v7/statistik


Google Charts menyediakan cara sempurna untuk memvisualisasikan data di situs web Anda. Dari bagan garis sederhana hingga peta hierarki pohon yang kompleks, galeri bagan menyediakan sejumlah besar jenis bagan yang siap digunakan.

Cara paling umum untuk menggunakan Google Charts adalah dengan JavaScript sederhana yang Anda tanamkan di halaman web Anda. Anda memuat beberapa pustaka Bagan Google, daftar data yang akan dibuat bagan, pilih opsi untuk menyesuaikan bagan Anda, dan akhirnya membuat objek bagan dengan id yang Anda pilih. Lalu, nanti di halaman web, Anda membuat <div> dengan id itu untuk menampilkan Google Chart.

Bagan ditampilkan sebagai kelas JavaScript, dan Google Bagan menyediakan banyak jenis bagan untuk Anda gunakan. Tampilan default biasanya adalah semua yang Anda butuhkan, dan Anda selalu dapat menyesuaikan bagan agar sesuai dengan tampilan dan nuansa situs web Anda. Bagan sangat interaktif dan mengekspos acara yang memungkinkan Anda menghubungkannya untuk membuat dasbor yang kompleks atau pengalaman lain yang terintegrasi dengan halaman web Anda. Grafik dibuat menggunakan teknologi HTML5 / SVG untuk memberikan kompatibilitas lintas-browser (termasuk VML untuk versi IE yang lebih lama) dan portabilitas lintas platform ke iPhone, iPad, dan Android. Pengguna Anda tidak perlu repot dengan plugin atau perangkat lunak apa pun. Jika mereka memiliki browser web, mereka dapat melihat bagan Anda.

Semua tipe bagan diisi dengan data menggunakan kelas DataTable, membuatnya mudah untuk beralih di antara tipe bagan saat Anda bereksperimen untuk menemukan tampilan yang ideal. DataTable menyediakan metode untuk menyortir, memodifikasi, dan memfilter data, dan dapat diisi langsung dari halaman web Anda, database, atau penyedia data apa pun yang mendukung protokol Chart Tools Datasource. (Protokol itu mencakup bahasa query seperti SQL dan diimplementasikan oleh Google Spreadsheets, Google Fusion Tables dan penyedia data pihak ketiga seperti SalesForce. Anda bahkan dapat mengimplementasikan protokol di situs web Anda sendiri dan menjadi penyedia data untuk layanan lain.)

Sign In or Register to comment.