Persiapan Sebelum Menggunakan SLiMS: Mendefinisikan Tipe Koleksi, Keanggotaan, dan Aturan Peminjaman

edited December 2019 in Perpustakaan

Sebelum memulai menggunakan aplikasi SLIMS untuk manajemen perpustakaan yang akan kita kelola, kita perlu memperhatikan dan mendefinisikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Jenis tipe koleksi yang ada di perpustakaan kita.

2. Jenis/tipe keanggotaan yang ada di perpustakaan kita

3. Aturan peminjaman yang ada di perpustakaan kita

4. Kelompok dan Pengguna Aplikasi

Untuk lebih jelas berikut penjelasannya:


1. Mendefinisikan Tipe Koleksi

Setiap perpustakaan memiliki tipe koleksi yang berbeda dengan perpustakaan lain, tipe koleksi yang dimaksud disini adalah pengelompokkan koleksi berdasarkan kategori. misalnya di perpustakaan perguruan tinggi ada koleksi laporan kerja, skripsi, thesis, desertasi, karya ilmiah, referensi, textbook, majalah, jurnal ilmiah, audio visual, dan sebagainya. di perpustakaan sekolah misalnya buku paket, buku teks, buku referensi dan sebagainya, perpustakaan umum, buku anak, buku remaja, buku dewasa, audio visual, referensi, dan sebagainya. Setelah kita dapat menentukan jenis tipe koleksi pada perpustakaan kita, maka langkah selanjutnya adalah mendefinisikan tipe koleksi tersebut pada aplikasi SLiMS.

2. Mendefinisikan Tipe Keanggotaan

Perpustakaan dengan berbagai macam jenisnya tentu memiliki kekhasan kelompok anggotanya. Jika kita berkunjung ke perpustakaan khusus, maka dapat kita temukan bahwa kelompok anggota perpustakaan yang terdapat di perpustakaan perguruan tinggi adalah mahasiswa/mahasiswi, dosen, dan staf. Jika kita berkunjung ke perpustakaan umum akan ada pengelompokkan misalnya pelajar/mahasiswa, pns, karyawan, wiraswasta, dan sebagainya. Pengelompokkan berbagai macam tipe keanggotaan disebuah perpustakaan biasanya digunakan untuk mengatur hak dalam peminjaman. Biasanya antara satu tipe anggota dengan tipe anggota lain berbeda dalam hal aturan peminjaman sebuah koleksi yang ada di perpustakaan. misalnya dosen boleh meminjam 4 buku selama 3 minggu; sedangkan mahasiswa boleh miminjam 2 buku selama 2 minggu dan seterusnya.

3. Mendefinisikan Aturan Peminjaman

Pada penjelasan sub bab di atas, kita pada dasarnya telah menentukan aturan aturan peminjaman di perpustakaan kita. Namun aturan-aturan tersebut masih bersifat umum dalam arti tidak ada aturan yang spesifik. Sebagai contoh di tempat saya bekerja terdapat berbagai macam tipe anggota, di mana setiap anggota memiliki aturan peminjan yang berbeda dari sisi jenis koleksi dan juga hari termasuk denda.

4. Membagi Kelompok dan Pengguna Perpustakaan.

Aplikasi SLiMS dapat digunakan multiuser, sehingga untuk menghindari saling menyalahkan ketika bekerja dengan aplikasi ini, maka administrator aplikasi dapat membuat group dan username yang berbeda antara satu orang dengan orang lain yang bekerja di perpustakaan. Pembagian kelompok yang di maksud di dalam aplikasi ini adalah kelompok kerja yang sesuai dengan job desk masing-masing staf. Sebagai contoh seperti ini. di bagian perpustakaan membagi 2 kelompok, yaitu kelompok pengolahan koleksi dan kelompok sirkulasi. di dalam kelompok pengolahan koleksi ada 2 orang bernama Adi dan Ani, sedangkan di kelompok sirkulasi ada 2 orang bernama Andi dan Yeni.

Sign In or Register to comment.