Memasang SSL dan HTTPS: Mengatasi Not Secure di Google Chrome

edited November 2019 in Teknologi

Jika sering menggunakan Google Chrome untuk beselancar di internet, maka Anda pasti pernah setidaknya satu atau dua kali membuka website yang di bagian atasnya tertulis “Not Secure”. Peringatan seperti ini memang sangat susah untuk dihindari atau bahkan tidak disadari karena Chrome menampilkannya dalam huruf berukuran besar dan berwarna merah tepat di samping URL situs. Tentu saja peringatan seperti ini bisa menjadi salah satu masalah yang mengakibatkan para visitor tidak ingin berlama-lama di website Anda.

Belakangan ini, sudah menjadi tugas penting bagi Google untuk memperingati para user atau visitor bahwa website yang mereka buka tidak aman. Kriteria utama yang digunakan Chrome untuk menentukan apakah situs ini aman atau tidak adalah penggunaan HTTP dan HTTPS. Situs yang menggunakan HTTP akan diberi pinalti serupa peringatan, misalnya:

Alasan utama mengapa Chrome harus menampilkan peringatan seperti ini adalah untuk memotivasi para pemilik website agar memasang protokol HTTPS yang dijamin lebih aman. Beberapa tahun belakangan ini, penggunaan HTTPS meroket dan semuanya ini berkat adanya peringatan semacam “Not Secure”.

Sign In or Register to comment.